Ayo Naik Kereta Api!!

Dalam sedekade ke belakang, angkutan perkeretaapian di Indonesia mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Transportasi berbasis rel ini sejatinya merupakan warisan kolonial Belanda yang  berhasil dipertahankan hingga era modern kini. Dengan menggunakan teknologi yang mengikuti perkembangan jaman, kini kereta api menjelma menjadi salah satu moda transportasi favorit masyarakat yang nyaman dan aman.
Stasiun Jakarta Kota kala itu.
Belasan tahun yang lalu, jangan bayangkan naik kereta api senyaman dan semudah sekarang. Dulu, penumpang harus antri berjam-jam untuk antri di loket pembelian. Jika kehabisan tiket tempat duduk, maka bersiaplah untuk berdesak-desakan di lantai lorong gerbong-gerbong nan tua. Atau bahkan meluber hingga bordes dan toilet. Jika tidak ingin begitu, maka carilah calo yang berkeliaran di setiap sudut-sudut stasiun. Tentu saja, kita harus merogoh kocek yang lebih dari biasanya.

Di era modern ini dalam perkembangannya, transportasi kereta api terus berbenah. Yang paling pertama adalah perubahan dalam sistem ticketing kereta api. Kini, para calon penumpang kereta api semakin dimudahkan dalam pemesanan tiket. Dengan sistem pemesanan online, tak perlu lagi mengantri berjam-jam di loket stasiun hanya demi selembar tiket.

Selain itu, fasilitas dan layanan kereta api terus diperbaiki demi menjadi salah satu moda transportasi unggulan. Tak ada lagi penumpang yang berdesak-desakan di dalam gerbong, karena di setiap tiket sudah tercantum nomor tempat duduk masing-masing penumpang. Di setiap gerbong pun kini telah dilengkapi dengan pendingin udara, agar para penumpang tidak kegerahan selama dalam perjalanan.

Sebagai orang yang cukup sering berpergian, kereta api selalu menjadi pilihan utama saya ketika melakukan perjalanan darat. Tentu saja dengan catatan kota atau daerah yang saya tuju memiliki jalur kereta api. Kalaupun tidak, moda transportasi lain seperti Bus menjadi pilihan terakhir saya.
Kereta berangkat pukul berapa.
Ketika melakukan pemesanan tiket, saya cenderung malas untuk datang ke loket stasiun. Tentu saja ketidakpraktisan menjadi alasan utama. Selain itu, saya memang tidak memiliki waktu yang banyak hanya untuk antri berjam-jam di loket pemesanan. Mengingat kesibukan sehari-hari saya sebagai seorang pekerja.

Maka dari itu saya memilih melakukan pemesanan online. Dewasa ini, ada banyak cara untuk melakukan pemesanan tiket. Mulai dari website resmi PT KAI, agen-agen perjalanan yang banyak tersebar di berbagai tempat, hingga situs jual beli online. Sejak hadirnya teknologi yang bernama internet, semua segi kehidupan manusia memang menjadi semakin mudah. Hanya dengan sentuhan jari, kini manusia bisa merencanakan perjalanannya jauh-jauh hari.
Nomor bangku favorit.
Tokopedia sebagai salah satu situs jual beli online terkemuka di Indonesia, pun tak mau kalah untuk mendukung kegiatan masyarakat dalam melakukan perjalanan. Dalam hal ini khususnya menggunakan moda transportasi kereta api yang semakin diminati, karena kenyamanan dan keamanannya. Selain menyediakan lapak untuk jual beli berbagai macam barang, Tokopedia kini berinovasi  untuk menambah fitur pemesanan tiket kereta api secara online.

Mungkin banyak kalangan yang sedikit ragu untuk melakukan pemesanan tiket kereta api melalui situs jual beli online dengan berbagai alasan. Padahal situs jual beli seperti Tokopedia menawarkan berbagai kemudahan bagi para calon penumpang kereta api. Selain itu juga, terdapat berbagai penawaran menarik lainnya, seperti promo diskon di waktu-waktu tertentu.

Jadi, kini masyarakat semakin dimudahkan dalam memesan tiket kereta api, karena tersedia berbagai banyak pilihan yang tersedia. Khususnya seperti pada waktu musim mudik tiba misalnya. Yang dari tahun ke tahun peminat angkutan kereta api cenderung mengalami kenaikan yang signifikan, karena nyaman dan aman.

Jadi, kapan kamu ngajak aku naik kereta api?? ^^
Stasiun Yogyakarta. Model: @Valent_Fe. Sayangnya udah gak available lg :p

Komentar

  1. Dulu sering naik kereta ke bandung, tapi semenjak ada travel mending naik itu aja :D dan blm pernah naek kereta api di Jakarta, pengen nyoba tapi males desek2annya dan mikir mau ke mana pake kereta sekitaran Jakarta :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. keliling jabodaetabek aja mbak pake comuter ling :D

      Hapus
  2. Aku masih ingat, naik kereta api pertama tahun 2014 bulan oktober dari Bandung ke Jogja (ekonomi). Abis itu tahun 2015 dan 2016 naik kereta api ke Malang (eksekutif), Pernah juga 2016 ke Solo naik Prameks, lah ini tahun 2017 tgl 27 rencananya ke Malang lagi naik Kereta Api ahahhahahah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pertama kali jaman dulu banget waktu masih belum dikasih AC dan gak diberi nomer tempat duduk

      Hapus
  3. Iya kereta api kata nya dah nyaman banget semua ber ac meskipun ekonomi.
    Gw dah lama banget ngak naik kereta, jadi kangen masa2 dulu masih sering jkt-sby pake kereta

    BalasHapus
    Balasan
    1. walopun duduk tegak di gerbong ekonomi ya om wkwkwk

      Hapus
    2. Ngak mauuuuuu, aku mau nya duduk manja trus bobo cakep sampai tujuan hahaha

      Hapus
  4. sumpah anti macet wkwkwkw kangen ngebolang ke Jogya pakek logawa wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap tul. salah satu keunggulannya ya anti macet :D

      Hapus
  5. Aku suka banget naik kereta, mba. Pas terakhir ke Banyumas naik kereta ekonomi, nyaman banget.

    BalasHapus
  6. Saya seumur hidup belum pernah naik kereta api. Jadi pensaran gimana sensainya naik kereta api.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalur kereta api di aceh sedang direvitalisasi bang, semoga dalam waktu dekat segera terealisasikan :)

      Hapus
    2. Iya... Amiiinnn... Semoga aja yah.

      Hapus
  7. Di Sulawesi khususnya Sulawesini Selatan dan Sulawesi Barat belum ada kereta api. Ada sih dibagian Sulawesi Selatan tapi cuman rel doang. Gak tahu kapan beresnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, pembangunannya masih dalam tahap awal. semoga cepat selesai :)

      Hapus
  8. Kereta itu memang moda transportasi paling sip dan asik

    BalasHapus
  9. Aku pertama kali naik kereta api ke Jombang, masih kelas 1 SD waktu itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo enggak, lah. Anak sekecil itu mosok dewean, meski sekarang udah terbiasa sendiri. -_-

      Hapus
  10. di kota domisili sy sekarang ga ada kereta api..tp di kampung halaman sy ada...pernah naik sekali waktu mudik..asyik jg ternyata

    BalasHapus
  11. Sampai sekarang jika ingin berpergian keliling kota Jakarta atau ke wilayah lain. Saya lebih memilih kereta api. Tidak ada alasan lain sih, cuman ... unik aja gitu rasanya kalo naik kereta api.

    BalasHapus
  12. Sejak kenal kereta, jadi males banget klo naik bus lebih dari 3 jam. Ga sabar.

    BalasHapus
  13. Ini saya lg di CommuterLine.. hehe :) Tiap hari naik kereta dan seneng bgt skrg sudah lbh rapi, lbh teratur.. Buat kereta jarak jauh jg lbh memudahkan ya bisa beli online dan tiketnya bisa print sendiri di stasiun.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, mabk. jadi gak usah repot-repot lg datang ke loket:)

      Hapus
  14. Wah aku juga belum pernah lagi nih naik kereta... padahal skrng lebih mudah aman dan cepat ya.... Lain kali aku mau coba deh...

    BalasHapus
  15. aku jadi lebih suka naik kereta daripada bis, kadang kalo naik bis gt suka kena oper apalagi kalau bis Ac tarif biasa haha.

    BalasHapus
  16. nah gak enaknya bis ya gitu suka di oper-oper :(

    BalasHapus
  17. Untuk perjalanan darat jarak jauh, saya juga senengnya naik kereta api. Baru akhir tahun lalu saya pulang kampung naik kereta api hehe. Saya setuju salah satu keunggulannya, sistem ticketingnya bikin pesen tiket jadi gampang & cepet

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat mas. banyak yang sudah marasakan manfaat dalam kemudahan pemesanan :)

      Hapus
  18. Aku terakhir naik kereta tahun kemaren huhu, waktu ke Semarang dari Surabaya PP. Jadi, pengen naik kereta lagi nih.

    BalasHapus
  19. Woh, saya juga cinta banget naik kereta api! Meski kadang banyak dramanya, tapi seru saja memerhatikan bagaimana saya bisa naik di jalur-jalur yang usianya pasti sudah lebih dari seabad, terus melewati setiap stasiun yang mayoritas adalah bangunan cagar budaya. Harganya reasonable juga, terjangkau dan dapat disesuaikan dengan kemampuan. Setiap petak jalur dan peron stasiun pasti punya kisah yang demikian panjang. Semua itu membuat nggak sabar buat bisa naik kereta lagi. Mantaplah PT KAI, semoga selalu berinovasi dan pelayanannya makin bagus.
    Soal tiket, saya lebih suka pesan langsung di situs PT KAI. Mungkin karena sudah terbiasa dengan alur dan info apa yang harus disiapkan, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mas gara. setiap melewati jalur tertentu saja juga jadi membayangkan bagaimana dulunya jalur kereta api dibuka hingga sampai seperti saat ini.

      Hapus
  20. Beda banget emang kereta sekarang sama dulu.. Dulu waktu kuliah sering naik kereta semarang-cepu. Biasanya banyak banget yang jualan di kereta. Pas akhir2 kuliah udah mulai dibenahi, jadi ga ada lagi yang jualan di kereta. Jadi lebih nyaman sih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi banyak juga yg kangen sama pedangang2 asongan itu mas. apalagi harga makanan di reska bisa dibilang terlalu mahal

      Hapus
    2. Iya sih.. saya juga kangen sama nasi pecel yg di daerah purwodadi.. biasanya penjual2nya pada naik ke kereta pas berenti..

      Hapus
  21. Naik eksekutip cuma karena fasilitas kantor wkkw kalau enggak kepepet ya ekonomi pun sekarang nggak kalah nyamannya :p
    Pergi mondar mandir solo ya pake prameks andalannya.
    Eh poto terakhir, jogjaaa :D kapan mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe itu foto lama sih mbak. aku malah belum nyobain ekse atopun bisnis. cuma mampu ekonomi :3

      Hapus
  22. Udah setahun gak naik kereta :D

    BalasHapus
  23. kereta api emang nyaman dan murah aku juga suka karena ekonomis

    BalasHapus
  24. Sekarang emang lebih mudah naik kereta api, nggak seperti dulu yang harus antri lama.
    Kereta apinya juga udah lebih bagus, seperti ada ac dan colokan listriknya juga.
    Terus lebih bersih dan tidak berdesakan di dalam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak yg sudah merasakan fasilitas kereta api yg jauh lebih baik

      Hapus
  25. Aku nunggu diajak! :p
    Eh.. Haha. Aku selalu naik kereta api tiap pulang ke rumah ortu dr Jkt, sebulan sekali minimal.

    BalasHapus
  26. Buat saya kereta itu semacam analogi hidup. Naik di stasiun, bertemu banyak orang, lantas turun di pemberhentian berikutnya. Saya pernah nulis soal ini disini http://www.ranselhitam.com/kereta-perjalanan-kamu/

    Dan sampai sekarang menurutku naik kereta itu romantis ahahaha. Terus soundtracknya Padi yang "Perjalanan", mantap jaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh analogi hidup?? terlalu berat kayaknya :D

      Hapus
  27. aku baru sekali aja naik kereta api , seru bgt rasanya

    BalasHapus
  28. Anjir :' aku belum pernah naik kereta api :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaah kamu mungkin termasuk golongan kurang piknik Feb :p

      Hapus
  29. kereta api masih merakyat mas mantap... kapan yah kita di jamin naik kereta gratis wkwk haseehh hehe

    BalasHapus
  30. Bukan pernah lagi, sering banget naik kereta. Tapi aku pernah request ke mbak-mbak ticketing buat duduk sebelah misinis, tapi kok gak boleh yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. knp harus pak masinis??/ kan banyak tuh pramugari kereta yg bening-bening :p

      Hapus
  31. walopun aku ga suka naik kereta api di indo, tapi jujurnya saluuut banget ama aturan yg bisa menghilangkan penumpang2 kereta di atas gerbong itu ;p.. ama calo2 yg nakal... hebat.. kalo kekurangan mungkin msh ada lah yaa.. namanya kita baru berbenah.. Tapi moga2 kereta api indo kedepannya bisa meniru jepang dengan shinkansennya.. baru saat itu aku bakal naik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kereta cepat tinggal menunggu waktu sepertinya, karena transportasi memang seharusnya berkembang seiring dengan teknologi yg semakin maju :)

      Hapus
  32. Saya pertama kali naik kereta api pas tahun 2015 ke Semarang, waktu itu exited banget dan agak heran dan norak. hahaha

    BalasHapus
  33. gimana mau ngajakin sih kak, orang aku juga belum pernah nyoba naik kereta wkwk

    BalasHapus
  34. Salah satu hal yang saya paling suka dari naik kereta api adalah jam kedatangan yang bisa dikatakan nyaris selalu tepat waktu. Sehingga akan sangat membantu penyusunan jadwal perjalanan.

    Sayangnya ya itu, makanan di kereta api sekarang sudah mahal, jadi biasanya kalau terpaksa lapar mendadak baru beli makanan di kereta apai.

    salam kenal mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo salam kenal juga :)

      sepakat mas, alasan utama orang lebih memilih angkutan kereta api adalah ketepatan waktunya, yaaah meskipun lumayan sering juga ngaret. soal makanan sedang rame dibicarakn di forum sebelah wkwkwkwk. kalo saya sih mending bawa bekal, kalo kepepet terpaksa pop mie mjd pilihan terakhir :D

      Hapus
  35. kereta jadi primadona waktu kuliah. jadi ke inget naik kereta menuju bali dari jakarta. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaap buat mahasiswa memang paling favorit naik kereta :D

      Hapus
  36. aku melakoni naik kereta api sejak 2002-an. dimana saat itu tiketnya kaya tiket timezone. haha.
    terus masih banyak yang pada berdiri. naik kereta api dari jember mojokerto. dan pertama kali naik, kata ibukku, aku muntah. wkwk. wagu ya.
    alhamdulillah, sekarang transportasi kereta kita sudah berbenah makin nyaman. Saya kalau ke Bali, selalu naik kereta sampai Banyuwangi. Bukan masalah murahnya. tapi kadang seneng kalau liat dalam satu gerbong ada mahasiswi2 yang lagi backpackeran gt. eh, modus. yo ga ding. itu bonus

    BalasHapus
    Balasan
    1. woogh tak kandakke mbak-mbak e magang loh

      Hapus
  37. Aku baru aja senin kemarin naik kereta Gopar (Argo-Parahyangan) dari Jkt-Bdg, cepet banget, nggak berasa tau-tau udah nyampe aja. Kereta emang favoritku sih dari dulu karena satu-satunya transportasi yang nggak bikin aku mabuk darat #curcol hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha emang sih naik kereta itu bebas mabok, tapi kalo ttp mabok kebangetan itu mah :p

      Hapus
  38. Sektor perkeretaapian sekarang memang udah maju banget ya, Mas, kalo dibandingin sama beberapa tahun lalu. Terutama di gerong kelas ekonomi, ini paling kerasa. Jauh, sangat jauh lebih nyaman yang sekarang. Tapi, kadang-kadang juga kok ya kangen buat ngerasain hiruk pikuk dan brutalnya naik kereta api ekonomi jaman dulu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha saya cuma kangen pecelnya mas yg bisa dijajakan mauk gerbong :3

      Hapus
  39. Sepasang gerbong , dengan lintasan lorong. Melewati pada asa utk menunggu yang terkdang berakhir pada lara.

    Kereta api adalah cerita indah pada setiap jejak yang terlewati

    BalasHapus
  40. Gue ngerasain banget sih gimana step perkembangan perkereta apian Indonesia. Dari yang riweuh banget ga ada nomer tempat duduk, berdesakan sama ayam, sampe para pedagang asongan yang jargonnya bikin ngakak (yoooo endog rasa telur yoo <--paan coba wkwkw xD)

    Hingga sampailah pada fase sekarang ini yang sungguh, patut banget lah diacungi jempol!
    Hospitality, sampai semua sistemnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Baca Juga

Menyusuri Jejak Oei Tiong Ham, Raja Gula dari Semarang

Bersekutu dengan KM Kelimutu

Jelajah Kampung Kauman Semarang