Postingan

Menampilkan postingan dari Oktober, 2015

Selingan Riang di Waktu Senggang

Gambar
Saya berkenalan dengan musik Banda Neira baru pada awal 2015 lalu. Awalnya sekali-dua kali mendengar salah satu lagunya yang berjudul HujandiMimpi diputar di radio. Iya, radio masih menjadi andalan (halah!) dalam mencari referensi musik untuk saya dengarkan. Ketika musik sudah merambah di dunia digital dan internet, seperti Soundcloud, Youtube dan kawan-kawannya. Berawal dari penasaran, saya mulai mencari lebih banyak tentang Banda Neira ini. Terlebih lagi dari namanya saja unik. Diambil dari nama salah satu pulau di kepulauan Maluku sana. Seingat saya, dari pelajaran sejarah waktu sekolah dulu Banda Neira juga merupakan tempat dimana Bung Hatta pernah diasingkan. (Bener gak sih?)
Adalah AnandaBadudu dan RaraSekar, dua alumnus Universitas Parahyangan ini resmi memperkenalkan diri sebagai Banda Neira Neira pada awal 2012. Meski formatnya dua orang,  Ananda di gitar/vokal dan Rara di vokal dan kadang memainkan Xylophone sebagai sempilan, mereka kekeuh tidak mau disebut duo, tapi band. Ent…

Menengok Masa Lalu di Museum Kereta Api Ambarawa

Gambar
Entah sejak kapan saya suka dengan berbagai hal yang berkaitan dengan kereta api. Eh gak cuma kereta api ding, saya juga suka pesawat. Eh gak cuma pesawat, saya juga suka kapal. Intinya saya suka dengan benda mati yang bergerak. (maksudnya?) Ya misalnya moda-moda transportasi yang saya sebutkan tadi. Duh kok jadinya malah merembet kemana-mana ini ya. Padahal saya kali ini pengen ngomongin kereta api lho.
Ngomongin soal kereta api, saya pribadi lumayan sering menggunakan moda kereta api ketika berpergian jarak jauh. Kalau tujuannya masih bisa diakses dengan kereta api ya pasti naik kereta yang jadi pilihan utama. Kalau tidak memungkinkan baru menggunakan moda transportasi umum lain, misalnya bus atau yang lainnya.
Kereta api juga erat kaitannya dengan sejarah bangsa Indonesia. Karena tahu sendiri lah kereta api (plus infrastrukturnya) ada kan berkat Pemerintah Kolonial belanda pas menjajah bangsa kita dulu! Maka tak heran kebanyakan stasiun-stasiun di Indonesia merupakan bangunan tua yan…

Sumurup, Sisi Lain Rawa Pening

Gambar
Sebenarnya sudah sejak lama saya mengetahui tentang desa bernama Sumurup. Setelah membaca artikel di blognya Mas Satya, dan begitu melihat foto-foto yang terpampang disitu, saya langsung ingin sesegera mungkin mengunjunginya. Tapi apa mau dikata, barulah pada libur Lebaran 2015 lalu saya sempat kesana.
Seperti tahun sebelumnya, saya dan Budhe memiliki rencana jalan-jalan bareng lagi. Mumpung dia juga lagi pulang kampung. Tapi berhubung dompet saya yang lagi cekak, dan ditambah ijin dari Babeh-nya Budhe yang tak kunjung turun untuk dia jalan-jalan terutama yang jauh. Maka diputuskanlah yang dekat-dekat sajaaah. Saya usul di sekitaran Ambarawa-Salatiga. Selain jaraknya yang tidak terlalu jauh dan bisa dijangkau dalam sehari, juga karena di daerah tersebut ada beberapa tempat yang menarik tapi belum pernah saya kunjungi. Terutama desa Sumurup tadi yang memang saya pengen banget kesana. Blusukan sampai Kotagede kami malah udah pernah :D
Beruntung kami memiliki teman seorang warga negara Sala…

(Ceritanya) Ngadem di Sam Poo Kong

Gambar
Cuaca Semarang Sabtu siang (5/9) itu memang cetar membahana. Panasnya ngalahin liat gebetan jalan sama temen sendiri *eh Saya sampai di area parkir Klenteng Sam Poo Kong sekitar pukul 11 siang. Oiya, kali ini saya tidak sendiri tentunya. Saya menggandeng (ceileh, emang truk digandeng?) Seorang teman. Nah dia ini berasal dari Surabaya yang lagi ngebet banget pengen ke Semarang. Dan harus saya yang nemenin! (Harus ya?)
Kunjungan kali ini menjadi yang kedua kalinya saya ke Klenteng Sam Poo Kong. Setelah pertama kali bersama kurowo BackpackerJogloSemar pada April lalu. Sebelum itu saya juga sudah beberapa kali ingin kesini, tapi belum pernah kesampaian. Terakhir rencana saya bersama seseorang (ga usah saya jelasin siapa) pun berakhir dengan wacana. Tapi, yang bikin kesel adalah saya secara ga sengaja lihat di timeline, dia memposting fotonya kesana bersama orang lain! Ngeselin emang! Huft!
Klenteng Sam Poo Kong yang terletak di Jalan Simongan ini selain sebagai tempat ibadah, sekarang sudah…